بسم الله الرحمن الرحيم
Maktabah Samilah. Tuhfah 7, hal 356
Tuhfah 2, hal 557, dar kutub Alamiah, 2007
( وَيُكْرَهُ قِيَامُ ) أَيْ سَهَرُ ( كُلِّ اللَّيْلِ ) وَلَوْ فِي عِبَادَةٍ ( دَائِمًا ) لِلنَّهْيِ عَنْهُ فِي الْخَبَرِ الْمُتَّفَقِ عَلَيْهِ وَلِأَنَّهُ يَضُرُّ كَمَا أَشَارَ إلَيْهِ الْحَدِيثُ أَيْ مِنْ شَأْنِهِ ذَلِكَ وَمِنْ ثَمَّ كُرِهَ قِيَامٌ مُضِرٌّ وَلَوْ فِي بَعْضِ اللَّيْلِ وَبَحَثَ الْمُحِبُّ الطَّبَرِيُّ عَدَمَ كَرَاهَتِهِ لِمَنْ يَعْلَمُ مِنْ نَفْسِهِ عَدَمَ الضَّرَرِ أَصْلًا قَالَ الْأَذْرَعِيُّ وَهُوَ حُسْنٌ بَالِغٌ كَيْفَ وَقَدْ عُدَّ ذَلِكَ مِنْ مَنَاقِبِ أَئِمَّةٍ .
ا هـ .
وَيُجَابُ بِأَنَّ أُولَئِكَ مُجْتَهِدُونَ لَا سِيَّمَا وَقَدْ أَسْعَفَهُمْ الزَّمَانُ وَالْإِخْوَانُ وَهَذَا مَفْقُودٌ الْيَوْمَ فَلَمْ يُتَّجَهْ إلَّا الْكَرَاهَةُ مُطْلَقًا لِغَلَبَةِ الضَّرَرِ أَوْ الْفِتْنَةِ بِذَلِكَ وَخَرَجَ بِكُلٍّ إلَى آخِرِهِ قِيَامُ لَيَالٍ كَامِلَةٍ ؛ لِأَنَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَفْعَلُ ذَلِكَ فِي الْعُشْرِ الْأَخِيرِ مِنْ رَمَضَانَ ، وَإِنَّمَا لَمْ يُكْرَهْ صَوْمُ الدَّهْرِ بِقَيْدِهِ الْآتِي ؛ لِأَنَّهُ يَسْتَوْفِي فِي اللَّيْلِ مَا فَاتَهُ وَهُنَا لَا يُمْكِنُهُ نَوْمُ النَّهَارِ لِتَعَطُّلِ ضَرُورِيَّاتِهِ الدِّينِيَّةِ ، وَالدُّنْيَوِيَّةِ
Surah penting; masih perlu mubahasah untuk memutuskannya.
Oleh: Almukarram Tgk. H. Nisam
Malam Ahad, 5-3-2011
Saya mendengarkan surah Tgk tentang sebuah penjelasan sebuah kaedah. Beliau menanyakan tentang penjelasan surah matan kitab Tuhfah diatas. ”Belum pernah dengar bukan?.” Membuat kami penasaran dengan pertanyaan Tgk malam ini. tenyata beliau menyurahkan tentang pendapat ibnu hajar yang tidak sareh menyatakan berubah hukum dengan berubah zaman.
Menurut penjelasan beliau. Tidak ada beliau temukan referensi dalam kitab mu’tabarah tentang kaedah berobah hukum dengan berobah zaman. Beliau mengungkapkan bahwa kaedah ini diciptakan oleh ibnu Kayyim[orang yang tidak bermazhab] setelah bermazhab Hambali dulunya, Jelas Tgk.
Tgk memberikan lampu merah, kalaupun kaedah itu ada siapa sebenarnya yang merobah hukum sekarang, apakah bisa kita ubah-ubah langsung sesuai dengan masa sekarang?. Tentu jawabannya tidak bisa sembarangan diobrak-abrik. Hukum tuhan itu berlaku dari dulu hingga akhir masa. Telah disempurnakan dan tidak boleh diubah-ubah. Allah maha tahu atas segala kemuslihatan. Sekarang sangat sulit menjauhi zina, apakah sekarang sudah bisa dilegalkan zina?.
Beliau juga menasehati kami untuk selalu melihat pendapat siapa itu. Jangan terlalu banyak berpegang pada kaedah. ”Yang menjadi sandaran kita adalah ibarat kitab” tambah Tgk.
Ibarat kitab diatas merupakan ibarat pertama yang Tgk tunjukkan kepada kami. Beliau telah menghafal duduk perkara fiqah dengan sangat seksama. Jadi bukan sebuah masalah bagi beliau untuk melayani pertanyaan-pertanyaan yang sukar. Ditambah lagi kesiapan beliau dalam mengetahui matan-matan kitab. Beliau ternyata telah menandakan matan-mata dan surah kitab. Buktinya setiap masalah ada referensi yang detil dan jelas. ’ata yang penteng neutanda!. Neukalen lon kiban mudah lon peugah masalah.’ Bunyi nasehat Tgk.
Beliau memberikan dua buah ’pagar besi’ supaya jangan langsung termakan isu kaedah tersebut[berubah hukum dengan berobah zaman].
1. Yang melakukan perubahan harus benar-benar mujtahid/pada posisiNya.
2. Hukum yang kat’i dari Ayat/Hadist tidak bisa diubah-ubah lagi. Walau tidak cocok menurut pikiran manusia sekarang.
Kemudian timbul pertanyaan, apakah imam Syafi’i dalam mengeluarkan pendapat jadid berdasarkan atas sumber kaedah tersebut?.
Tgk menjawab: Tidak. Imam Syafi’i tidak bersumber pada hadist tersebut dalam mengeluarkan pendapat ’jadid.’ Beliau di mesir berpendapat dengan mendapatkan hadist-hadist saheh yang belum didapatkan di Baghdad. Jadi pendapat itu berubah berdasarkan dalil yang kuat. Bukan berbeda zaman di Mesir dan di Baghdad.
Dalam kitab fatawa kubra terdapat pengulasan tidak sareh pula tentang kaedah mu’tazillah ini. Ibnu Hajar menuliskan pertanyaan tentang wanita yang mengaji/keluar rumah dimasa sekarang bagaimana hukumnya?. Disitu dijelaskan tentang penetapan larangan terhadap wanita sekarang untuk keluar rumah. Berbeda dengan masa Nabi dulu. Laki-laki tidak memandang wanita dengan syahwat. Wanitapun tidak sok pamer dihadapan laki-laki—berbeda dengan sekarang. Tambah Tgk.
Oleh sebab itu, rasanya surah yang tidak zaher ini hendaknya diputuskan dalam mubahasah. Kita sendiri tidak bisa mengambil satu kepastian hukum. Masih banyak ulama-ulama di Aceh ini yang mampu menyurahkan kitab dengan baik. Maka untuk mengetahui sebuah surah ibarat kitab ditanyakan kepada orang lain dan sebaiknya dilakukan muhadasah. Ucap Tgk menutupi.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Hati-hati dengan Kaedah!"
Posting Komentar