بسم الله الرحمن الرحيم
Maksud mengarang kitab itu ada tujuh, yaitu:
1. Tidak ada sama sekali, maka disusunkan
Kitab yang dikarang oleh imam syafi’i dahulunya tidak ada. Kemudian lewat ilmu dan tangan berkah beliau kitab usul ada. Kita ini menjadi pegangan bagi ulama-ulama sesudahnya untuk menelaah kembali hasil pemikiran sehat beliau. Kitab ”musytasyfa” merupakan kumpulan kaedah/undang-undang penarikan hukum yang beliau lakukan sendiri. Seperti inilah kitab yang tidak pernah ada tetapi telah disusunkan.
2. Telah ada tetapi salah, maka dibetulkan
Kitab merupakan sebuah tulisan yang dituliskan oleh para ulama. Ulama bukan orang yang ma’sum. Bahkan bisa salah. Tetapi kehati-hatian dan kadar ilmu yang beliau miliki tidak mungkin salah. Kesalahan ini dibetulkan oleh generasi penerus beliau. Sehingga walaupun ada kesalahan dapat dibetulkan.
3. Panjang, maka diringkaskan
Kitab yang panjang merupakan uraian dari beberapa masalah. Ulama selanjutnya berinisiatif untuk memudahkan menghafal—maka diringkaskan. Salah satu tujuan menghafal. Bagi para pemula tentu ringkasan sangat berarti untuk dipelajari dan menghafalnyapun mudah.
4. Ada kekurangan, maka disempurnakan
Kurang disana sini—biasa. Manusia memang penuh dengan kekurangan. Tidak ada orang yang sempurna selain Nabi. Efeknya juga kepada kitab. Kitab juga tidak sempurna. Kitab tidak terkaya dari satu kitab—butuh kepada kitab lain. Sebuah masalah perlu penjelasan yang akurat dari kitab lain.
5. Sukar/musykil, maka disyarahkan/dimudahkan
Kentalnya ibarat ulama dahulu patut diajungkan jempol.. kalau tidak ada syarahan tentu kitab mahalli sangat sukar untuk dibaca. Kitab ini merupakan kitab yang ibaratnya terkenal rumit didayah. Bahkan kitab ini juga kitab pokok pengajian. Dengan adanya syarahannya maka penjelasan surah dapat diketahui dengan pasti—tanpa ada keraguan.
6. Berpisah-pisah, maka dihimpunkan
Dahulu kala tidak semoderent sekarang. Tidak ada buku yang tersusun rapi. Ulama dahulu giat dalam menulis. Dimana saja dapat dituliskan selalu ilmu itu disimpan. Ilmu itu dituliskan dipelepah kurma, dikulit kambing, dibatu. Kemudian ketika sampai masa sekarang semua itu telah dikumpulkan dalam sebuah tulisan yang rapi—dibukukan.
hal 243, kitab Mustalah Fukaha’ Wal usuliyyin.
***
Catatan Rabu, 1-12-2010
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Maksud menulis kitab"
Posting Komentar